Tips Sukses Presentasi Kuliah Bersama Kelompok

Dalam perkuliahan tentunya kita akan menghadapi kerja kelompok. Metode ini memiliki peran penting untuk mencapai nilai semester yang maksimal.
Biasanya beberapa dosen akan membebaskan anak didiknya untuk memilih rekan kerja kelompok yang mereka inginkan. Ada juga dosen yang membentuk kelompok itu sendiri. Tentu belajar kelompok berbeda dengan saat belajar sendiri. Kadang ada saja yang bikin jengkel. Dan tidak sedikit kelompok gagal melakukan presentasi gara-gara anggota kelompok saling tak bertegur sapa. Di dalam kerja kelompok permasalahannya lebih kompleks, seperti masalah pribadi atau tingkat kemalasan.
Tapi demi kelancaran tugas, tentu mau gak mau kerjasama ini harus dilakukan. Kalau kamu sedang mengalaminya,  jangan depresi dulu! Mungkin beberapa cara ini bisa membantumu.
Hilangin Ego Sejenak
Punya temen kelompok yang gak menyenangkan? Misalnya karena dia sok pintar dan sok ngatur atau terkenal cuek dengan yang namanya tugas. Atau yang lebih parah, doi adalah mantan pacarmu atau kalian pernah berantem gara-gara masalah sepele. Hmm…kamu harus tinggalkan ego sejenak. Coba belajar untuk bertindak secara profesional. Hilangkan sejenak keraguan dan kekesalan terhadap teman sekelompokmu. Ingat, tugas kuliah menanti dan kamu gak mau kan ngulang tahun depan hanya gara-gara masalah ini.
Kenali Karakter Teman-teman Kelompokmu
Dalam setiap kelompok pasti akan ada si pintar, si tukang ngatur, si pemalas, si rajin, si supel, si pemalu dan berbagai karakter lainnya. Di sini ketika melihat ketidakberesan itu, kamu sebaiknya ambil alih jadi penengah. Kenali setiap karakter dari teman-temanmu. Jangan lantas menghakimi si pemalas atau berdebat panjang dengan si sok pintar. Kamu harus pelajari bagaimana cara menghadapi mereka. Misalnya karakter si pemalas yang harus kamu support, si pemalu yang harus didekati dan sering diajak bercanda, atau si tukang ngatur yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran dan kepala dingin, hingga si sok pintar yang sebenarnya bisa kamu maksimalkan kemampuannya. Dengan mengenal karakter-karakter ini, kamu akan lebih mudah menghadapi mereka ketika ada masalah dan perdebatan sengit.
Pembagian Tugas Sesuai Kemampuan
Dengan mengetahui karakter tiap temanmu tadi maka kalian bisa membagi tugas sesuai dengan kemampuan. Jangan membebani tugas yang berat kepada si pemalas atau teman kamu yang memang daya tangkapnya paling kurang di antara kalian. Ingat terkadang yang namanya porsi adil bukan dari kuantitas pekerjaan, tapi pekerjaan apa yang mampu mereka lakukan.
Sesuaikan Waktu Untuk Ketemu
Setiap mahasiswa pasti memiliki kesibukan di luar kelasnya seperti kencan dengan pacar mereka, kegiatan lain di kampus maupun di luar kampus. Untuk itu, kamu dan teman-teman harus bisa menyesuaikan waktu yang tepat untuk ketemu dan diskusi. Tapi, kalian harus memaksimalkan waktu ini seefektif mungkin, jangan habis dengan gosip lho. Dan aturlah waktu pengerjaan sebaik mungkin, agar tugas dapat selesai tepat waktu.
Saling Cek Tugas Masing-masing
Meskipun ada pembagian tugas, tapi kalian harus saling cek dan kroscek tugas masing-masing. Ini untuk menghindari adanya kesalahan atau kelalaian dari masing-masing. Jangan sampai, ada salah satu dari temanmu yang belum selesai mengerjakan tugas di saat deadline. Ini berarti kartu mati buat kalian sekelompok hanya karena kesalahan seseorang. Bisa saja, temanmu kebingungan dengan tugas yang diberikan padanya. Jadi kalian bisa saling membantu untuk menyelesaikannya. Ingat, agar tugas kelompok kalian bisa selesai dengan hasil yang maksimal, saling lakukan cek dan kroscek untuk meminimalisir hal-hal yang gak diinginkan.
Persiapkan Presentasi
Setelah selesai pengerjaan, apabila akan ada presentasi, maka bersiaplah menghadapi presentasi. Sediakan waktu untuk berkumpul dan membahas semua materi dan hasil pekerjaan kalian. Bicarakan pula masalah visualisasi, alat dan bahan yang digunakan, cara berbicara serta alokasi waktu untuk presentasi. Coba diskusikan pula pertanyaan apa saja yang sekiranya akan ditanyakan oleh teman-teman di kelas atau dosen kalian, dan persiapkan jawabannya. Ingat, semua anggota kelompok harus mengerti dengan pembahasan kalian. Jangan sampai ada satu orang yang tidak mengerti dan tidak aktif dalam kegiatan presentasi di kelas nanti.
Evaluasi Hasil Kerja
Tidak ada salahnya untuk melakukan evaluasi hasil kerja, apakah hasil dari tugas kalian telah maksimal atau belum. Mungkin memang tidak akan berpengaruh terhadap hasil kerja kalian, dan jangan salaing menyalahkan bila ternyata hasilnya tidak sesuai yang diinginkan. Lakukan evaluasi untuk saling melihat kekurangan dan kelebihan kalian. Apa saja yang kurang dan kenapa terjadi kesalahan-kesalahan selama pengerjaan tugas dan presentasi. Dengan evaluasi ini, sekaligus sebagai evaluasi diri kalian dan pelajaran ke depannya ketika menghadapi tugas kelompok lainnya.
Jadi jangan bingung untuk menghadapi teman-teman kelompokmu. Hanya dibutuhkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi dan menyelesaikan tugas, tanggung jawab serta kerjasama yang baik untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Selamat bekerjasama

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Dewasa ya :)