Lembar Tugas Mahasiswa (LTM) 1 - 2
1. Tidak selamanya penemuan kebenaran ilmiah diperoleh secara ilmiah. Kadangkala
kebenaran dapat ditemukan
melalui proses non ilmiah.sebut dan
jelaskan 7 kebenaran yang
ditemukan melalui proses non ilmiah tersebut !
ditemukan melalui proses non ilmiah tersebut !
Jawab
:
A. Penemuan
Kebenaran secara kebetulan
Suatu peristiwa yang tidak disengaja
kadang-kadang ternyata menghasilkan suatu kebenaran yang menambah
perbendaharaan pengetahuan manusia, karena sebelumnya kebenaran itu tidaklah
diketahui
B. Penemuan
kebenaran dengan trial and error
Mencoba sesuatu secara berulang-ulang,
walaupun selalu menemukan kegagalan dan akhirnya menemukan suatu kebenaran
disebut cara kerja trial and error.
C. Penemuan
kebenaran melalui otoritas atau kewibawaan
Di dalam masyarakat, kerapkali ditemui orang-orang
yang karena kedudukan
pengetahuannya sangat dihormati dan
dipercayai. Orang tersebut memiliki kewibawaan yang besar di lingkungan
masyarakatnya. Banyak pendapatnya yang diterima sebagai kebenaran.
D. Penemuan
Kebenaran secara spekulatif
Cara ini mengandung kesamaan dengan cara
trial and error karena mengandung unsur untung-untungan dalam mencari
kebenaran. Oleh karena itu cara ini dapat dikatagorikan sebagai trial and error
yang teratur dan terarah. Dalam prakteknya seseorang telah memulai dengan menyadari
masalah yang dihadapinya, dan mencoba meramalkan berbagai kemungkinan atau
alternatif pemecahannya.
E. Akal
Sehat
Akal sehat dan ilmu adalah dua hal yang
berbeda sekalipun dalam batas tertentu keduanya mengandung persamaan. Menurut
Conant yang dikutip Kerlinger (1973:3) akal sehat adalah serangkaian konsep
(concepts) dan bagan konseptual (conceptual schemes) yang memuaskan untuk
penggunaan praktis bagi kemanusiaan.
F. Prasangka
Pencapaian pengetahuan secara akal sehat
diwarnai oleh kepentingan orang yang melakukannya. Hal yang demikian itu
menyebabkan akal sehat mudah beralih menjadi prasangka.
G. Pendekatan
Intuitif
Dalam pendekatan intuitif orang
menentukan “pendapat” mengenai sesuatu berdasar atas “pengetahuan” yang
langsung atau didapat dengan cepat melalui proses yang tak disadari atau yang
tidak difikirkan lebih dahulu. Dengan intuisi, orang memberikan penilaian tanpa
didahului sesuatu renungan. Pencapaian pengetahuan yang demikian itu sukar
dipercaya.
2. Hubungan antara
penelitian, ilmu dan kebenaran
menurut Almack dan Whitney
terdapat perbedaan dalam
menetapkan hasil. Menurut
pendapat Saudara, teori mana yang relevan di dalam aplikasinya !
Jawab
: Teori Whitney (1960), berpendapat bahwa
ilmu dan penelitian adalah sama-sama proses, sehingga ilmu dan penelitian
adalah proses yang sama. Hasil dari proses tersebut adalah kebenaran (truth).
3.
Kebenaran
Ilmiah dapat diterima
dikarenakan oleh tiga
hal yaitu :
adanya koheren, adanya koresponden
dan pragmatis. Saudara
beri 2 (dua)
contoh untuk masing-masing
hal tersebut aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
Jawab :
a. Adanya Koheren yaitu suatu pertanyaan dianggap benar
jika pernyataan tersebut koheren atau konsisten dengan pernyataan sebelumnya
yang dianggap benar. Misalnya, suatu pernyataan bahwa si farhat akan mati dapat
dipercaya, karena pernyataan tersebut koheren dengan pernyataan bahwa semua
orang akan mati.
b. Adanya Koresponden yaitu suatu pernyataan dianggap
benar, jika materi pengetahuan yang terkandung dalam pernyataan tersebut
berhubungan atau mempunyai korespondensi dengan objek yang dituju oleh
pernyataan tersebut. Misalnya, pernyataan bahwa ibu kota Propinsi Daerah
Istimewa Aceh adalah Banda Aceh adalah benar karena pernyataan tersebut
mempunyai korespondensi dengan lokasi atau faktualitas bahwa Banda Aceh memang
ibu kota Propinsi Aceh.
c. Pragmatis yaitu suatu pernyataan dipercayai benar
karena pernyataan tersebut mempunyai sifat fungsional dalam kehidupan praktis.
Suatu pernyataan atau suatu kesimpulan dianggap benar jika mempunyai sifat
pragmatis dalam kehidupan sehari-hari. Teori kebenaran tentang sifat pragmatis
ini dikembangkan oleh Ch.s.Pierce (1839-1914). Misalnya, secara pragmatis orang
percaya kepada agama, karena agama bersifat fungsional dalam memberikan
pegangan dan aturan hidup pada manusia.
4. Proses berpikir lahir dari suatu rasa sangsi akan sesuatu dan keinginan
untuk memperoleh suatu ketentuan, yang kemudian tumbuh menjadi suatu masalah yang khas.sebut
dan jelaskan bagaimana
kira-kira proses yang terjadi ketika berpikir !
Jawab : Menurut Dewey (1933) proses berpikir mempunyai
urutan berikut:
·
Timbul rasa sulit,
baik dalam bentuk adaptasi terhadap alat, sulit mengenal sifat, ataupun dalam
menerangkan hal-hal yang muncul secara tiba-tiba.
·
Kemudian rasa sulit
tersebut diberi definisidalam bentuk permasalahan.
·
Timbul suatu
kemungkinan pemecahan yang berupa reka-reka, hipotesa, inferensi atau teori.
·
Ide-ide pemecahan
diuraikan secara rasional melalui pembentukan implikasi dengan jalan
mengumpulkan bukti-bukti.
·
Menguatkan pembuktian
tentang ide-ide di atas dan menyimpulkannya baik melalui keterangan-keterangan
maupun percobaan-percobaan.
5.
jelaskan kontribusi dari teori terhadap penelitian !
Jawab :
·
Teori meningkatkan
keberhasilan penelitian karena teori dapat menghubungkan penemuan yang
tampaknya berbeda-beda kedalam suatu keseluruhan serta memperjelas proses yang
terjadi didalamnya
·
Teori dapat memberikan
penjelasan terhadap hubungan-hubungan yang diamati dalam suatu penelitian
6. jelaskan dan beri
contoh dari kualifikasi
peneliti menurut Whitney (1960)
Jawab :
·
Daya nalar, seorang peneliti harus mempunyai daya
nalar yang tinggi yaitu dengan adanya kemampuan memberi alasan dalam memecahkan
masalah, baik secara induktif maupun secara deduktif.
·
Orisinalitas, peneliti harus mempunyai daya hayal
ilmiah dan harus kreatif. Peneliti harus brilian, mempunyai inisiatif yang
berencana serta harus subur dengan ide-ide yang rasional dan menghindari
plagiat.
·
Daya ingat, seorang peneliti harus memiliki daya
ingat yang kuat, selalu ekstensif dan logis. Dapat dengan sigap melayani serta
menguasai fakta-fakta.
·
Kewaspadaan, seorang peneliti harus secara cepat
dapat melakukan pengamatan terhadap perubahan yang terjadi pada suatu variabel
atau atas suatu fenomena. Ia harus sigap dan mempunyai intaian yang tajam,
serta responsive terhadap perubahan atau kelainan.
·
Akurat, seorang peneliti harus mempunyai tingkat
pengamatan serta tingkat perhitungan yang akurat, tajam, serta beraturan.
·
Konsentrasi, seorang peneliti harus mempunyai
kekuatan konsentrasi yang tinggi, kemauan yang keras, serta tidak cepat muak.
·
Dapat bekerja sama, mempunyai sifat yang kooperatif,
dapat bekerja sama dengan siapapun. Harus mempunyai keinginan untuk berteman
secara intelektual, dan dapat bekerja secara team-work.
·
Kesehatan, seorang peneliti harus sehat,
·
Semangat, kesehatan si peneliti harus ditunjang pula
dengan semangat untuk meneliti.
·
Pandangan Moral, seorang peneliti harus mempunyai
kejujuran intelektual, mempunyai moral yang tinggi, beriman dan dapat
dipercaya.
7. Apakah perbedaan antara
penelitian kualitatif dengan
penelitian kuantitatif, berikan
contoh untuk masing-masing jenis penelitian tersebut !
Jawab :
·
penelitian kualitatif
adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat
dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau
cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran).
·
kuantitatif adalah
ilmu dan seni yang berkaitan dengan tata cara (metode) pengumpulan data,
analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi guna
penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan
8. Di negara-negara yang
sedang berkembang, pengembangan penelitian sangat ditentukan oleh tingkat
pengetahuan, keterampilan serta kualifikasi si peneliti. Menurut
Boyce dan Evenson,
ada 4 (empat)
tingkat keterampilan dalam melaksanakan
penelitian yaitu :
keterampilan inventif, keterampilan teknis, keterampilan teknis-ilmiah dan
keterampilan ilmiah-konseptual. jelaskan dan
beri contoh aplikasinya
untuk masing-masing tingkat keterampilan dimaksud.
Jawab :
·
Ketrampilan inventif,
merupakan sifat umum dari manusia, contoh seorang petani sederhana dapat
menemukan sesuatu dari pengalaman. Ketrampilan jenis ini tidak memerlukan
penataran atau training secara formal.
·
Ketrampilan teknis adalah
hasil dari terapan text book untuk memecahkan masalah-masalah teknis yang
dihadapi, secara umum peneliti negara berkembang memiliki ketrampilan ini.
·
Ketrampilan teknis
ilmiah, ketrampilan ini biasanya diperoleh sesudah menamatkan magister pada
sebuah pendidikan tinggi. Ketrampilan ini berjenis-jenis tingkatannya dan
ketrampilan yang diperoleh dapat menguasai teknik dan cukup kemampuan ilmiah
serta background teori dalam mengadakan analisis.
·
Ketrampilan ilmiah
konseptual, dengan semakin meningkatnya derajat keilmuan seseorang dan semakin
dekatnya seseorang mencapai scientific frontier of knowledge serta pengalaman
yang cukup banyak, maka peneliti memperolah kemampuan konsepsional. Skill ini
dipunyai oleh peneliti yang cukup berpengalaman dan oleh doktor-doktor filosofi.
1.
Penelitian dengan
metode sejarah, amat
luas lapangannya. Di
lapangan pendidikan serta
lapangan ilmu perilaku yang lain. jelaskan dan beri contoh
dari penelitian dengan
metode sejarah dalam
dunia pendidikan dan ilmu perilaku lainnya !
Jawab :
Secara umum Metode sejarah dapat dilakukan dengan
berbagai jenis studi, diantaranya adalah:
a. Studi komparatif historik
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan
perbandingan lebih dari suatu fakta (fenomena) dalam rentang waktu dan tempat
tertentu. contoh penelitian tentang pertumbuhan dan perkembangan madrasah dan
sekolah di indonesia tahun 1900-1950, dapat menggunakan studi jenis komparatif
historik ini.
b. Studi legal atau yuridik
Biasanya ditujukan untuk mengganbarkan proses lahirnya
sebuah keputusan (hukum), direspon dan ditanggapi, disosialisasikan dan
bagaimana keputusan (hukum) tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu.
Contoh penelitian tentang produk-produk perundang-undangan sistem pendidikan
nasional tahun 1950-2000, kumpulan peraturan pemerintah tentang penyelenggaraan
pendidikan agama indonesia, dapat menggunakan studi jenis legal atau yuridik
ini.
c. Studi bibliografi
Ditujuakn untuk mengumpulkan hasil-hasil pemikiran dlam
bentuk dokumen dalam bidang ilmu tertentu. Contoh penelitian
pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Nasional dalam
majalah Taman Siswa, dapat menggunakan studi jenis bibliografi.
d. Studi Biografaik
Ditujukan untuk menggali informasi tentang subjek
tertentu (orang), dan berusaha menjelaskan dengan teliti kenyataan-kenyataan
hidupnya, pengaruh-pengaruh yang diterimanya, serta sifat bdan watak subjek
yang diselidiki, ditulisnya dalam buku harian, hasil karyanya,
karangan-karangan mengenai dirinya, atau pun peristiwa-peristiwa yang digali
dari orang-orang yang pernah dekat dengannya. Contoh penelitian tentang
perjuangan Ki Hajar Dewantara.
2.
jelaskan
perbedaan mendasar antara Remain dengan Dokumen dan beri contoh untuk
masing-masing !
Jawab : Remain adalah peninggalan yang tidak
disengaja, dan dokumen adalah peninggalan yang disengaja yang berupa laporan
dari kejadian pada masa lalu. Contoh remain adalah alat perkakas, perhiasan
kuno, bangunan, candi, senjata dll. Contoh dokumen adalah buku harian, batu
bertulis, tulisan daun-daun lontar, relief candi, surat kabar dll
3.
Penelitian historis banyak sekali macamnya. Akan
tetapi, secara umum, dapat dibagi
menjadi 4 (empat)
jenis, yaitu :
Penelitian Sejarah Komparatif,Penelitian Yuridis atau Legal,
Penelitian Biografis dan Penelitian Bibliografis. jelaskan dan
beri contoh untuk
masing-masing jenis penelitian tersebut !
Jawab : Secara umum Metode sejarah dapat dilakukan
dengan berbagai jenis studi, diantaranya adalah:
a. Studi komparatif historik
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan
perbandingan lebih dari suatu fakta (fenomena) dalam rentang waktu dan tempat
tertentu. contoh penelitian tentang pertumbuhan dan perkembangan madrasah dan
sekolah di indonesia tahun 1900-1950, dapat menggunakan studi jenis komparatif
historik ini.
b. Studi legal atau yuridik
Biasanya ditujukan untuk mengganbarkan proses lahirnya
sebuah keputusan (hukum), direspon dan ditanggapi, disosialisasikan dan
bagaimana keputusan (hukum) tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu.
Contoh penelitian tentang produk-produk perundang-undangan sistem pendidikan
nasional tahun 1950-2000, kumpulan peraturan pemerintah tentang penyelenggaraan
pendidikan agama indonesia, dapat menggunakan studi jenis legal atau yuridik
ini.
c. Studi bibliografi
Ditujuakn untuk mengumpulkan hasil-hasil pemikiran dlam
bentuk dokumen dalam bidang ilmu tertentu. Contoh penelitian
pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Nasional dalam
majalah Taman Siswa, dapat menggunakan studi jenis bibliografi.
d. Studi Biografaik
Ditujukan untuk menggali informasi tentang subjek
tertentu (orang), dan berusaha menjelaskan dengan teliti kenyataan-kenyataan
hidupnya, pengaruh-pengaruh yang diterimanya, serta sifat bdan watak subjek
yang diselidiki, ditulisnya dalam buku harian, hasil karyanya,
karangan-karangan mengenai dirinya, atau pun peristiwa-peristiwa yang digali
dari orang-orang yang pernah dekat dengannya. Contoh penelitian tentang
perjuangan Ki Hajar Dewantara.
4.
jelaskan apa
yang dimaksud dengan
metode survei dengan
studi kasus !
Jawab : studi kasus merupakan pengujian secara rinci
terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen
atau satu peristiwa tertentu dan metode survei adalah penyelidikan yang
diadakan untuk memperoleh fakta-fakta
5.
jelaskan
kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh Studi Kasus !
Jawab :
a.
Studi kasus seringkali dipandang kurang ilmiah atau
pseudo-scientific karena pengukurannya bersifat subjectif atau tidak bisa
dikuantifisir
b.
skupa penelitian baik issu maupun jumlah orang yang
menjadi target kajian studi kasus sangat kecil, kemampuan generalisasi dari
temuan pada studi kasus adalah rendah.
6.
Jika
seorang peneliti mempunyai
teman peneliti (co-worker) dalam melaksanakan percobaan,
maka team work
amat diperlukan. jelaskan
kebaikan-kebaikan adanya teman di dalam meneliti (team work) !
Jawab :
a. Dalam tim mungkin
untuk mencapai sinergi maksimal melebih
kapasitas kerja sendiri.
b. Anggota tim sering
mengevaluasi pemikiran satu sama lain, sehingga tim ini dapat
menghindari kesalahan besar.
c. saling
mendukung dalam membuat keputusan tim
d. Tim dapat melakukan kontribusi dan perbaikan
terus-menerus.
e. Tim
menciptakan lingkungan kerja yang mendorong orang untuk menjadi diri termotivasi, diberdayakan, dan puas dengan pekerjaan mereka.
7.
Apabila
dihubungkan antara penelitian
dan tindakan, maka
dapat kita lihat hubungan antara
penelitian dan tindakan. jelaskan hubungan dimaksud !
Jawab : Penelitian tindakan ditandai adanya
penerapan suatu tindakan pada suatu proses kegiatan tertentu. Tindakan yang
diterapkan tersebut, merupakan tindakan yang “baru” yang diyakini lebih baik
dalam meningkatkan mutu proses maupun hasil kerja dari tindakan “lama” yang
telah biasa dilakukan.
8.
sebutkan
perbedaan antara penelitian
deskriptif dengan penelitian eksperimen !
Jawab : Metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur
pemeca-han masalah yang diselidiki dengan hanya menggambarkan kea-daan
subjek/objek penelitian berdasarkan fakta-fakta sebagai-mana adanya. Sedangkan metode
eksperimen adalah prosedur penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan
hubungan sebab akibat dua variabel atau lebih, dengan mengendalikan pengaruh
variabel yang lain. Metode ekperimental merupakan suatu cara yang sistematis
dan logis untuk menjawab pertanyaan : “Jika sesuatu dilakukan pada kondi
si-kondisi yang dikontrol secara teliti, apakah yang akan terjadi?” Penelitian
eksperimental bertujuan untuk mendiskripsikan apa-apa yang terjadi bila
variabel-variabel tertentu dikontrol atau dimanipulasi secara tertentu.
Soal Pertemuan 1
1. Suatu pernyataan dianggap benar jika
pernyataantersebut konsisten dengan pernyataan sebelumnya yang dianggap benar,
ini menunjukkan :
Jawab : Koheren
2. Penelitian
yang ditujukan pada penyediaan informasi untuk menyelesaikan persoalan
persoalan disebut :
Jawab : Penelitian
3. Menurut Whitney, hubungan antara Ilmu dan Pengetahuan akan
menghasilkan suatu :
Jawab : Kebenaran
4. Penelitian
yang ditujukan pada penyediaan informasi untuk menyelesaikan persoalan
persoalan disebut :
Jawab : Penelitian bisnis
5. Pencarian terhadap sesuatu karena ada perhatian dan
keingintahuan terhadap hasil suatu aktivitas disebut dengan penelitian :
Jawab : Dasar/Murni
Soal Pertemuan 2
1 Metode yang
digunakan di dalam suatu penelitian terdapat :
Jawab : 5 Metode
2. Penelitian
yang lebih banyak menggunakan data primer daripada data sekunder disebut dengan
penelitian :
Jawab : Sejarah
3. Ketika riset deskriptif dilanjutkan untuk mencari jawaban
atas suatu fenomena yang ditemukan maka disebut dengan riset :
Jawab : Explanatory
04. Metode yang dilakukan
dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian dan adanya kontrol
disebut dengan metode :
Jawab : Eksperimental
05. Peneliti-peneliti dari Ilmu Eksakta di dalam meneliti,umumnya
menggunakan metode :
Jawab : Eksperimental
0 komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah dengan Dewasa ya :)